Penetasan Telur Ikan Patin - Belajar Sekolah

Penetasan Telur Ikan Patin

Pada kegiatan pembelajaran 4 pada semester 3 telah disampaikan bahwa, ikan  patin  hanya  dapat dipijahkan  dengan  cara  buatan.  Induk  ikan disuntik  menggunakan  menggunakan  hormon. Setelah  6-8  jam  dari penyuntikan  ke  dua,  telur  induk  betina  dikeluarkan  dengan  cara 
stripping / diurut. 

Induk  ikan  patin  diurut  dan  telur  akan  keluar  selanjutnya  ditampung dalam mangkok. Sebelum dikeluarkan telurnya, induk ikan patin terlebih dahulu  di  lap  sampai  kering  agar  air  pada  tubuh  ikan  tidak  masuk kedalam  mangkok.  

Mangkok  wadah  penampungan  telur,  harus  kering dan  steril.  Mangkok  yang  basah mengakibatkan  telur  dan  sperma  akan aktif sebelum diaduk. Dengan demikian telur dan sperma akan memiliki umur yang pendek dan mati. 

Selanjutnya  induk  jantan  ditangkap  dan  tubuhnya  di  lap  sampai  kering. Bagian  perut  induk ikan  patin  diurut  mulai  dari  bagian  dada  ke  arah kelamin. Sperma yang keluar ditampung pada mangkok yang telah berisi telur.

Selanjutnya  telur  dan  sperma  dalam  mangkok  diaduk menggunakan  bulu  ayam  yang  kering sampai  merata.  Untuk memudahkan  pengadukan,  telur  dan  sperma  dalam  mangkok  dapat 
dicampur larutan fisiologi natrium klorit atau sodium klorit. Selanjutnya telur yang telah diaduk merata, di tebar dalam bak penetasan yang telah disiapkan  sebelumnya.  

Telur  yang  ditebar  kedalam  wadah  penetasan harus  merata  dan  tidak  ada  yang  menumpuk. Telur  yang  menumpuk dapat menyebabkan telur ikan mati. Wadah  penetasan  telur  ikan  patin dapat  berupa  akuarium,  bak  atau fiberglass.  Wadah  penetasan  tersebut  disiapkan  dengan mencuci, sanitasi,  pengisian  air  dan  pemasangan  aerasi.  

Air  yang  dimasukkan  ke dalam  wadah  penetasan  sebaiknya  disaring  terlebih  dahulu,  agar lumut dan kotoran lainnya tidak ikut masuk ke dalam wadah penetasan.

Proses Pemijahan dan Penetasan Telur Ikan Patin
Proses Pemijahan dan Penetasan Telur Ikan Patin



0 Komentar untuk "Penetasan Telur Ikan Patin"

Back To Top